Nama : Wa Ode Dika Yusni
Nim : C1D318009
Kelas : Jurnalistik Ganjil


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI DUNIA JURNALISTIK

Sebelum masuk ke pembahasan baiknya kita pahami dulu pengertian dari teknologi informasi dan jurnalistik.
Menurut Wikipedia, pengertian teknologi informasi (TI) secara bahasa merupakan istilah dalam bidang teknologi apapun dalam kehidupan manusia yang bermanfaat untuk mengubah, membantu, mengkomunikasikan, menyimpan dan menyebarkan informasi.
 Jurnanalistik berasal dari kata journal yang artinya catatan harian. Jurnalistik adalah kegiatan yang meliputi pembuatan berita setiap. Jurnalistik mencatat, memproses, dan menyajikan informasi yang terjadi dalam kehidupan setiap harinya.
Dengan mengacu pada definisi jurnalistik dan kemajuan teknologi, maka Jurnalistik tidak terlepas dengan perkembangan teknologi informasi dan publikasi.
Perkembangan yang mengembangkan teknologi yang memudahkan manusia untuk mengakses informasi dan juga merta memaparkan info grafik perusahaan internet seperti facebook, google, dan lain-lainya yang berhasil mendapatkan keuntungan pada masa jayanya.
Kemajuan teknologi mendorong para jurnalis untuk belajar dan mempelajari teknologi tersebut, agar mereka dapat mengembangkan ide dan gagasan mereka melalui teknologi tersebut,  hal ini berkaitan dengan bagaimana konsumsi masyarakat terhadap media yang akan berpengaruh pada penyampaian berita yang akan disebarkan oleh para junalis. Setiap harinya masyarakat membutuhkan informasi yang terjadi di dunia ini, mulai dari lingkungan rumah, kota, negeri, hinggan keadaan dunia. Demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan berita.
Dunia jurnalistik melakukan penggabungan dua buah hal berbeda yang berbau media-media teknologi informasi dan komunikasi yang sudah ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu tujuan dalam kegiatan jurnalistik. Hal ini dilakukan agar kegiatan jurnalistik dapat lebih dimaksimalkan dalam hal kerjanya. Para jurnalis harus mampu menguasai teknologi yang sedang berkembang di masyarakat.
Dengan adanya perkembangan internet yang semakin cepat dan mudah, muncul situs-situs pribadi (blog) yang juga memuat laporan jurnalistik pemiliknya. Meski tidak semua blog berisikan laporan jurnalistik.
Selain itu, pada saat ini juga muncul media jurnalistik multimedia. Perusahaan-perusahaan media cetak raksasa sudah merambah berbagai segmen pasar dan pembaca berita. Meski jurnalistik media cetak masih bertahan dan tidak sampai kehilangan pembacanya karena alasan tertentu, pengusaha media dan kantor berita juga dituntut untuk juga memiliki media internet ini agar tidak kalah bersaing menyebarluaskan beritanya ke berbagai kalangan serta update datanya dilakukan sepanjang waktu. Bahkan ada edisi internet disajikan sama persis dengan edisi cetak. Dengan adanya perkembangan internet yang semakin cepat dan mudah, muncul situs-situs pribadi (blog) yang juga memuat laporan jurnalistik pemiliknya. Meski tidak semua blog berisikan laporan jurnalistik.

Kecanggihan yang ditimbulkan oleh teknologi masa kini telah merubah berbagai aspek kehidupan. Dalam bidang jurnalistik, teknologi yang merubah mengubah cara kerja para jurnalis. Dengan kecanggihan teknologi yang bergelimpangan pada saat ini memberikan kemudahan kepada para jurnalis dalam menyiarkan informasi kepada khalayak umum. Pada era ini semua orang bisa menjadi jurnalis tanpa memandang latar belakang orang tersebut.
Informasi bisa diibaratkan seperti makanan pokok yang menjadi bahan santapan dalam kehidupan sehari-hari, sebuah peristiwa atau kejadian adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk diketahui dalam masyarakat. Media massa adalah sebuah ajang kebutuhan akan informasi di semua kalangan misal politik, sosial, ekonomi dan sebagainya. Dengan adanya media komunikasi kita bisa mengetahui perkembangan teknologi didunia serta banyak informasi-informasi lainnya, jadi selama kita mengikuti maka tidak akan ketinggalan informasi yang tenar sekarang ini.

Teknologi dalam prekembangan arus produksi, konsumsi dan distribusi informasi memegang peranan penting. Hadirnya media baru (New Media) memberi alternatif masyarakat dalam mencari dan memanfaatkan sumber-sumber informasi untuk memenuhi kebutuhannya. Media massa konvensional (tv, radio dan cetak) dituntut untuk melakukan integrasi dengan media baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggan setianya, baik pembaca online maupun cetak.
Media telah berubah menjadi subyek komunikasi yang interaktif dan menjadi sahabat baru manusia. Pola interaksi sosial yang terbentuk melalui media telah menciptakan ruang baru (Berimajinasi dan Berinteraksi) bagi kehidupan manusia.
Akibat perkembangan teknologi informasi dan jaringan (infrastruktur) pada media akhirnya menghasilkan konvergensi media (sinergi), dengan tidak mengesampingkan akan adanya kebutuhan akses kebebasan informasi yang cepat, seketika dan transparan, tidak dibatasi ruang dan waktu serta adanya kepercayaan publik itu sendiri pada berita onlie, dan perkembangan jaman yang semakin cepat dan serba modern ini telah ‘memaksa’ kita untuk bisa menyesuaikan diri atas kecanggihan teknologi ‘barat’ yang menyerbu negeri ini.

Komentar